Rabu, 06 Maret 2013

Belajar Renang Gaya Bebas

belajar-renang-gaya-bebasBelajar Renang Gaya Bebas itu banyak manfaatnya untuk tubuh kita. Untuk memulai pelajaran ini, anda harus mengetahui teknik berenang yang benar. karena dengan teknik yang salah akan membuat Anda kehilangan efisiensi, lambat, dan cepat capek. Dalam tulisan ini Rahasia Sehat akan menjelaskan teknik yang lebih baik untuk renang gaya bebas.
Baca Juga : Manfaat Renang Untuk Tubuh dan Pikiran
Sebelum membahas lebih jauh teknik Belajar Renang Gaya Bebas, alangkah baiknya anda melihat gambar cara Berenang gaya bebas di bawah ini. Gambar ini sebagai acuan anda dalam menerapkan Belajar Renang Gaya Bebas.
Renang Gaya Bebas

Teknik Belajar Renang Gaya Bebas

Langkah 1 – Body Streamline.
Posisi streamline atau lurus akan meminimalkan tahanan air. Ya, tubuh Anda harus streamline mulai dari ujung jari tangan Anda sampai ujung jari kaki Anda. Dan agar posisi streamline ini bisa tercapai setiap saat, maka yang harus Anda lakukan adalah :
  1. Posisi kepala Anda harus streamline dengan badan. Telinga Anda harus segaris dengan badan Anda. Caranya, selama berenang, celupkan kepala kedalam air. Hadapkan wajah ke dasar kolam, dengan pandangan mata ke bawah, sedikit kedepan. Demikian pula sewaktu mengambil nafas, jangan mengangkat kepala. Cukup mulut Anda berada diatas permukaan air, dan satu telinga Anda tetap tercelup kedalam air. Jika kedua telinga keluar dari air, berarti salah
  2. Jangan menekuk tungkai. Gerakan kaki Anda berasal dari paha, bukan hanya gerakan betis Anda. Yang juga penting adalah untuk mengunci punggung kaki Anda agar segaris dengan tungkai Anda (seperti yang biasa dilakukan oleh seorang penari balet atau seorang pesenam).
Langkah 2 – Body Rotation
Selama berenang gaya bebas, tubuh Anda harus bisa menyerupai balok kayu yang oleng ke kiri dan ke kanan, terhadap sumbu aksialnya. Dan keolengan tubuh ini tidak hanya terjadi pada dada Anda, tetapi semua bagian tubuh Anda. Mulai dari kepala, dada, perut, pinggang, dan tungkai. Sewaktu lengan kiri Anda berekstensi, tubuh Anda miring ke kanan, tubuh bagian kanan naik. Begitu juga sebaliknya.
Langkah 3 – Efisienkan Kayuhan Tangan
Rapatkan jari-jari tangan anda untuk mendapatkan daya dorong yang besar. Lakukan kayuhan mulai dari saat anda mendorong di dalam air sampai dengan tangan Anda melampaui sisi paha Anda. Jangan sekali-kali mengeluarkan tangan Anda sebelum tangan Anda menyentuh sisi paha Anda, meskipun Anda kelelahan.
Langkah 4 – Gerakan Kaki
Gerakan kaki yang benar adalah paha yang digerakkan bukan lutut dan gerakan kaki harus dalam posisi lurus tidak menekuk. Kalau anda menekuk lutut, anda hanya akan kehilangan banyak tenaga tanpa memberikan daya dorong yang kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar